Seperti usaha bisnis pada umumnya, anda tentu ingin memiliki ide yang adil pada pengembalian investasi. Siklus ROI media sosial dapat dipisahkan menjadi 3 tahap.

Tahap 1: Peluncuran/Launching

Pada tahap ini, 100% fokus anda adalah pada pengaturan account pada Facebook. Walaupun ada sejumlah situs populer media sosial lainnya yang dianggap penting. Anda hanya perlu memiliki kemampuan untuk hadir di semua platform. Tahap Peluncuran lebih dari Pelaksanaan dengan tujuan utama memulai:

  • Pendekatan : Pelaksanaan
  • Tujuan : Kehadiran Social Media
  • Fokus : Jangka Pendek
  • Hasil : Dapat Diabaikan

Pada titik ini, anda tidak akan dapat mengharapkan dampak yang signifikan atau hasil turunkan.

Tahap 2: Manajemen

Pada tahap ini, sekitar 60% dari upaya perusahaan anda akan difokuskan pada pengembangan di Facebook. Sekitar 10% dari fokus diarahkan tawaran merek dan 20% pada pengaturan metrik kuantitatif seperti lalu lintas dan Facebook Like.

Sisanya 10% akan difokuskan pada metrik kualitatif seperti hasil survei, kolam renang dan belajar sentimen merek.

  • Pendekatan : Taktik
  • Tujuan : Keterlibatan Pelanggan
  • Fokus : Jangka Menengah
  • Hasil : Peningkatan Traffic

Tahap 3: Optimasi

Selama tahap Optimasi, 25% dari fokusnya adalah pada mendapatkan hasil lebih maksimal, 30% akan didistribusikan ke kreatif dan menawarkan merek. 25% lainnya.

Fokus diarahkan untuk meningkatkan tingkat konversi dan optimasi kampanye iklan. Sisanya 20% akan digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye yang akan menjadi dasar ROI anda.

  • Pendekatan : Strategis
  • Tujuan : ROI Media Sosial
  • Fokus : Jangka Panjang
  • Hasil : Peningkatan Pendapatan

Proses ini membutuhkan pemahaman perolehan yang lebih baik pada pendapatan rata-rata yang dihasilkan selama keterlibatan pelanggan dengan produk anda.