Plugin All in One SEO Pack adalah cara terbaik melakukan optimasi website untuk performa terbaik di hasil pencarian search engine. Nah, cara setting All in One SEO Pack pada WordPress ini sebenarnya dapat dengan mudah Anda lakukan. Kali ini kami akan membahasnya langkah demi langkah untuk Anda.

Mengapa Anda Memerlukan Plugin SEO untuk WordPress?

Search Engine Optimization, atau biasa disingkat dengan SEO, dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda di Google dan search engine lainnya.

Meskipun WordPress telah menyediakan fitur untuk pengaturan agar website SEO friendly, masih banyak lain hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO dari website Anda. Seperti menambahkan meta tag, menghasilkan sitemap XML, mencegah duplikat konten dan sebagainya.

All in One SEO Pack membantu Anda untuk melakukan hal tersebut dengan tampilan yang mudah digunakan pada dashboard WordPress Anda. Silakan ikuti langkah bagaimanana cara setting All in One SEOP Pack di bawah ini.

Langkah Cara Setting All in One SEO Pack

Untuk fitur basic dari dari plugin All in One SEO Pack tersedia secara gratis. Jika Anda ingin menggunakan fitur seperti sitemap video, SEO eCommerce, bantuan support selama 1 tahun dan fitur lainnya, dapat menggunakan versi berbayar.

Jika Anda tidak memerlukan fitur dari versi berbayar, silakan langsung ke tahap cara setting All in One Seo Pack di bawah ini.

Langkah 1: Instal dan Aktifkan Plugin

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah instal dan aktifkan plugin All in One SEO Pack.

1. Silakan login ke dashboard admin WordPress, kemudian pilih menu Plugins > Add New.

cara setting all in one seo pack

2. Pada kolom pencarian silakan ketikkan All in One SEO dan klik tombol Install Now pada plugin All in One SEO Pack.

setting all in one

3. Setelah proses instalasi selesai, silakan aktifkan dengan menekan tombol Activate.

mengaktifkan plugin

Langkah 2: Lakukan Konfigurasi pada Plugin

Setelah diaktifkan, plugin akan ditambahkan pada menu sebelah kiri di admin area WordPress. Untuk melakukan konfigurasi pada plugin yang baru diinstal, silakan klik menu All in One SEO > General Settings.

setting all in one seo

Pada halaman pengaturan tersebut, Anda akan menemukan banyak pengaturan yang dapat Anda gunakan. Anda tidak perlu khawatir kesulitan memahami apa saja fungsi pada pengaturan yang ada. Keterangan untuk tiap poin pengaturan bisa Anda dapatkan di sana. Anda hanya perlu menekan ikon berupa tanda tanya.

Berikut ini adalah pengaturan yang dapat Anda ubah.

a. General Settings

general setting
  • Canonical URLs – Jika pilihan ini diaktifkan, website Anda akan lebih aman dari masalah penalti oleh Google mengenai URL berbeda dengan koten yang sama.
  • No Pagination for Canonical URLs – Pilihan ini akan menghapus pagination dari URL canonical.
  • Enable Custom Canonical URLs – Pilihan ini akan menambahkan sebuah kolom baru untuk custom canonical di halaman editor postingan.
  • Use Original Title – Jika mengalami masalah dengan template atau plugin mengenai penulisan tag judul, silakan aktifkan pilihan ini.
  • Use Schema.org Markup – Pilihan ini menyediakan informasi yang diperlukan search engine untuk menampilkan rich snippets di hasil pencarian.
  • Log Important Events – Pengaturan ini berguna jika Anda menginginkan log dari plugin lain.

b. Home Page Settings

Di sini Anda dapat menentukan title dari homepage website. Title yang ada bisa berbeda dengan title utama website WordPress Anda. Silakan gunakan title menarik, berisi keyword yang mewakili tema website Anda.

Jika bagian ini dikosongkan, maka plugin All in One SEO akan menggunakan title default dari website WordPress. Sebenarnya hal ini bukanlah masalah berarti. Baik itu title yang sama ataupun berbeda dengan blog Anda, pastikan bahwa title tersebut mengandung keyword utama website Anda.

  • Home Title – SEO Meta Title untuk home page. Title ini akan tampil pada bagian atas di tab browser ketika home page diakses. Direkomendasikan memiliki panjang karakter maksimal 60 karakter.
  • Home Description – Meta description untuk home page atau halaman utama. Deskripsi ini akan tampil di search engine ketika alamat website Anda diketikkan. Panjang karakter yang direkomendasikan adalah 160 karakter.

c. Title Settings

tittle setting
  • Rewrite Titles – Aktif secara default. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk memodifikasi title pada tiap jenis konten.
  • Capitalize Titles – Aktif secara default. Pilihan ini akan mengubah setiap kata pada title.
  • Home Page Title Format – Kolom isian untuk mengubah format dari page title.

d. Custom Post Type Settings

custom post
  • SEO for Custom Post Types – Aktif secara secara default. Pilihan ini mengaktifkan All in One SEO bekerja dengan custom post types yang ada pada website Anda.
  • SEO on only these post types – Untuk memilih hanya tipe postingan tertentu dimana plugin akan berfungsi dengan mencentang pilihan yang diinginkan.
  • Enable Advanced Options – Pilihan ini akan menambahkan pilihan baru berupa Custom titles. Beri tanda centang jika ingin Anda aktifkan. Custom titles berguna untuk konfigurasi format dari title tags postingan.

e. Display Settings

display setting
  • Show Column Labels for Custom Post Types – Berguna untuk menampilkan kolom SEO Title, SEO Keywords, dan SEO Description. Silakan pilih di tempat yang ingin Anda tampilkan.

f. Nonindex Settings

Pilihan ini berguna ketika Anda ingin mencegah search engine melakukan indeks pada konten atau link di website yang mengarah ke website lain.

g. Advanced Settings

advance settings
  • Autogenerate Descriptions – Centang bagian ini untuk membuat deskripsi secara otomatis dari konten Anda.
  • Remove Descriptions For Paginated Pages – Pilihan ini berguna untuk menghapus meta description dari halaman 2 dan seterusnya sebuah postingan dengan pagination.
  • Never Shorten Long Descriptions – Silakan aktifkan jika Anda ingin membuat deskripsi dengan panjang lebih dari 160 karakter.

Setelah Anda menetapkan semua pengaturan, silakan simpan pengaturan dengan menekan tombol Update Options.

Sumber: Niagahoster

Recommended Posts